Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Sabtu, 16 Juni 2018

5 Mitos Bunga Kenanga dalam Budaya Kejawen! Nomor 2 Sering Terbukti!

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bunga kenanga merupakan salah satu bunga yang kerap ditanam oleh masyarakat Jawa di pekarangan rumahnya. Selain karena warna dan tampilannya yang indah sehingga bisa digunakan sebagai hiasan, bunga ini dibudidayakan juga karena alasan spiritual.

Sebagaimana diketahui, bunga kenanga memang tidak bisa dipisahkan dengan budaya Jawa. Bunga ini kerap dijadikan media untuk berbagai ritual budaya seperti dalam upacara pernikahan, ziarah kubur, sarana pengobatan, hingga ritual-ritual yang berbau mistis.

Semua penggunaan bunga kenanga tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari adanya beberapa mitos dan kepercayaan terkait bunga bernama latin Cananga odorata ini dalam keyakinan Kejawen. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas apa saja mitos bunga kenanga tersebut seperti telah kami rangkum dari berbagai sumber!

Mitos Bunga Kenanga

Hingga zaman modern seperti sekarang ini, kita masih bisa menemukan banyak mitos yang dipercaya dan diyakini oleh masyarakat Jawa. Mitos-mitos ini terus berkembang secara turun temurun, meski belakangan sebagian di antaranya sudah mulai ditinggalkan.

Terkait dengan bunga kenanga, terdapat 5 mitos yang saat ini masih banyak dipercaya -terutama oleh orang Jawa yang masih memegang erat budaya leluhurnya. Kelima mitos bunga kenanga tersebut berhubungan dengan fungsi-fungsi spiritualis yang konon bisa diperoleh dari khasiat bunga berwarna kuning dan putih ini.

1. Penangkal santet dan guna-guna

Mitos bunga kenanga yang pertama yaitu berkaitan dengan kemampuan bunga ini dalam menangkal santet, guna-guna, dan ilmu hitam lainnya.

Dalam mitos tersebut dikatakan bahwa bila sebuah rumah pekarangannya ditanami dengan bunga kenanga lengkap -baik yang berwarna putih atau kuning, maka konon rumah tersebut akan terlindungi dari segala macam ilmu gaib yang akan menyerang si penghuni rumah. [Baca Juga : Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam]

Semisal ada seorang musuh yang mengirim santet atau teluh, maka keberadaan bunga kenanga di pekarangan rumah bisa menjadi semacam tembok pelindung yang akan membuat kiriman santet tersebut tidak bisa masuk menyerang dan justru akan kembali kepada pengirimnya.

2. Membuat enteng jodoh

Menanam bunga kenanga di pekarangan rumah juga diyakini bisa membuat anak gadis di rumah tersebut menjadi enteng jodoh, -lebih-lebih bila bunga tersebut dirawat dengan baik.

Mitos ini secara logis mungkin ada benarnya. Sebagaimana sudah umum diketahui bahwa sebelum meminang gadis, seorang laki-laki biasanya akan melihat kondisi rumah yang dihuni gadis incarannya. Bila kondisi rumah bersih, terawat, dan dipenuhi bunga-bunga indah, maka sudah barang tentu itu bisa sedikit menggambarkan kepribadian si gadis yang memang bisa menjadi istri yang baik.

3. Dapat digunakan untuk pelet

Sebagian orang percaya bila bunga kenanga bisa digunakan sebagai media untuk mengamalkan ilmu pelet. Bunga ini menjadi bunga pelengkap umbarambe dalam ritual pengasihan. Konon, dengan mantra-mantra tertentu seorang yang dipelet akan takluk hati dan pikirannya seperti halnya bunga kenanga yang dipetik dari tangkainya. [Baca Juga : Mitos Rumah Tusuk Sate]

4. Melindungi dari gangguan jin jahat

Minyak bunga kenanga kerap digunakan sebagai pewangi atau parfum. Meski baunya menyengat bila digunakan terlalu banyak, namun beberapa orang masih kerap menggunakannya untuk mengharap perlindungan diri dari segala macam gangguan jin jahat. Entah bagaimana hubungannya, yang jelas hingga sekarang mitos ini juga masih banyak dipercaya.

5. Penglarisan dagang

Dalam budaya Jawa, dikenal adanya ilmu penglarisan. Ilmu ini digunakan oleh para saudagar dan pedagang untuk membuat dagangannya laris manis sehingga keuntungan yang diperolehnya bisa banyak. Ilmu penglarisan ini ada bermacam-macam ritualnya. Namun, dari semua ritual tersebut minyak bunga kenanga merupakan salah satu media yang tidak bisa ditinggalkan.

Nah, demikianlah beberapa mitos tentang bunga kenanga dalam budaya Jawa yang kami ketahui. Percaya tidak percaya, faktanya mitos-mitos ini memang tidak bisa dipahami secara logika. Oleh karena itu, ada baiknya bila kita tidak menjadikannya sebagai pegangan. Bukankah dalam kehidupan ini, ketetapan segala masa depan hanya akan terjadi atas kehendak-Nya semata? Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 5 Mitos Bunga Kenanga dalam Budaya Kejawen! Nomor 2 Sering Terbukti!