Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Sabtu, 30 Juni 2018

Kedutan Mata Kiri Bawah Terus Menerus Pertanda akan Sakit! Benarkah?

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Menurut ilmu medis, kedutan yang kadang kali kita alami di beberapa bagian tubuh dianggap sebagai sebuah fenomena wajar. Fenomena ini disebut terjadi sebagai aktivitas metabolisme tubuh yang berusaha memperoleh keseimbangannya. Kedutan merupakan dampak dari adanya konsleting syaraf motorik di bawah otot yang kemudian memicu impuls gerakan tak beraturan.

Meski dianggap sebagai fenomena yang wajar, namun dalam mitos yang berkembang di masyarakat saat ini, kedutan juga sering dikait-kaitan dengan pertanda alam mengenai suatu kejadian yang akan dialami oleh mereka yang merasakan kedutan.

Tak berlebihan, mitos-mitos tersebut memang sudah banyak terbukti menjadi kebenaran, sekalipun penjelasan ilmiahnya belum dapat diketahui. Salah satu yang saya buktikan sendiri baru-baru ini misalnya, yaitu mengenai kedutan mata kiri bawah terus menerus.

Kedutan Mata Kiri Bawah Terus Menerus

Sebagaimana tercantum dalam primbon Mujarobat Jawa kitab Betaljemur Adammakna rangkuman Raden Soemodidjojo dari babon asli milik Kanjeng Pangeran Harya Tjakraningrat, kedutan mata kiri bawah memang dapat menjadi sebuah pertanda buruk bagi orang yang mengalaminya.

Kedutan Mata Kiri Bawah Terus Menerus Disebutkan bahwa, orang yang mengalami kedutan di bagian ini diyakini akan sakit dalam waktu dekat. Konon, sakit yang diderita bukanlah sakit biasa, melainkan sakit yang akan membuatnya terbaring lemah selama beberapa hari. Lebih-lebih bila kedutan terjadi secara terus-menerus, maka akan semakin lama pula sakit yang akan dideritanya.

Sekilas, pemaparan primbon terkait arti kedutan ini memang tampak tak berdasar. Tidak ada alasan logis yang mampu menjelaskan keterkaitan antara kedutan yang dirasakan dengan sakit yang akan diderita.

Meski demikian, beberapa orang yang saya kenal nyatanya telah membuktikan bahwa pertanda yang disebutkan primbon tersebut memang bukan sekedar isapan jempol belaka. Bahkan saya sendiri pun sudah membuktikannya sebanyak 3 kali dari pengalaman hidup yang saya titeni belakangan ini.

Kejadian pertama

Kejadian pertama saya alami sekitar 2 tahun yang lalu. Saat itu, saya masih apatis dan termasuk orang yang sangat tidak mempercayai semua hal yang berkaitan dengan mitos.

Saya mengalami kedutan di mata kiri bawah secara terus menerus hingga rasa risih menyeruak sekalipun saya sudah berusaha untuk menghilangkannya. [Baca Juga : Cara Menghilangkan Kedutan di Mata].

Mengetahui apa yang saya rasakan, seorang teman kemudian berujar bahwa kedutan yang terjadi pada saya adalah pertanda bahwa dalam waktu dekat saya akan sakit.

Mendengar perkataan itu saya hanya tersenyum sinis. Namun, keesokan harinya apa yang saya anggap omong kosong itu akhirnya terbukti. Saya terkena thipus dan akhirnya harus dirawat di rumah sakit selama 1 minggu lamanya. [Baca Juga : Arti Kedutan Mata Kiri Bawah]

Kejadian kedua

Pengalaman selanjutnya terjadi sekitar 8 bulan yang lalu. Mata kiri bawah kedutan terus menerus saya rasakan dengan ritme yang cukup kencang. Saya pun tak ambil pusing dan terus berpikir positif dengan ramalan yang pernah saya buktikan setahun lalu itu.

Namun, apa yang saya takutkan nyatanya kembali terbukti. Dua hari setelah mengalami kedutan mata kiri bawah itu, saya memang terkena malaria tropicana. Panas dingin saya rasakan hampir 2 minggu lamanya. Bahkan menurut pengakuan beberapa teman, saya tampak seperti orang gila karena sering mengigau karena sakit yang dirasakan.

Kejadian ketiga

Kejadian terakhir saya alami belum lama ini, sekitar 2 minggu lalu. Tapi beruntung, kedutan mata kiri bawah terus menerus yang saya alami tidak benar-benar membawa pertanda sakit parah. Saya hanya demam sekitar 4 hari lamanya dan kemudian berangsur-angsur sembuh hingga bisa menulis artikel ini.

Nah, tulisan ini sendiri saya sengaja buat untuk mengingatkan Anda yang mungkin saat ini sedang mengalami kedutan mata kiri bawah terus menerus agar lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Semua pengalaman yang saya alami mungkin bisa menjadi alasan untuk mempercayai apa yang menjadi petuah leluhur dulu dalam memandang sebuah arti kedutan.

Bukankah bisa saja kedutan mata kiri bawah terus menerus yang dialami merupakan sebuah reflek tubuh yang mengalami kelelahan, penurunan daya tahan, atau masuknya bibit penyakit ke tubuh kita? Wallohualam! Semoga di hari depan, ada ahli yang bisa menjelaskannya! Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Kedutan Mata Kiri Bawah Terus Menerus Pertanda akan Sakit! Benarkah?