Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Kamis, 17 Mei 2018

24 Huruf Tokek untuk Tes Buta Warna Ishihara + Kunci Jawabannya Lengkap

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Apakah kamu pernah mendengar istilah "huruf tokek"? Pasti sudah dong ya! Sampainya kamu ke artikel ini tentunya karena kamu baru saja mendengar istilah itu dan ingin mencari tahu artinya.

Nah, jika memang begitu, berarti saat ini kamu sedang berada di blog yang tepat, karena pada artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap.

Eitss. Tapi sebelumnya, siapkan camilan dan rilekslah agar apa yang kami sampaikan tentang apa itu huruf tokek, fungsi, dan kaitannya dengan tes kesehatan mata di artikel berikut bisa benar-benar bisa kamu pahami!

Huruf Tokek

Secara sederhana, huruf tokek bisa diartikan sebagai huruf yang dibentuk oleh susunan dan paduan warna-warna kulit tokek. Susunan dan paduan warna pada huruf tokek kerap digunakan untuk menjadi alat atau instrumen tes buta warna bagi seseorang yang melamar pada pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan warna, seperti dokter, tenaga kesehatan, polisi, TNI, pekerja elektronik, dan lain sebagainya.

Dalam pemahaman yang lebih umum, huruf tokek juga dikenal dengan istilah huruf ishihara. Istilah tersebut berasal dari nama penemunya, yaitu Shinobu Ishihara. Siapakah dia?

Shinobu Ishihara adalah seorang dokter spesialis mata (opthamologi) terkenal asal Jepang yang telah menciptakan buku Ishihara. Buku ini hingga sekarang digunakan dalam dunia medis untuk mengecek kondisi kesehatan mata seseorang, khususnya yang berkaitan dengan tes buta warna.

Di dalam buku Ishihara terdapat palet-palet warna yang didalamnya tersusun angka tersembunyi. Angka-angka tersebut nantinya akan ditebak oleh seseorang yang sedang menjalani tes buta warna.

Jumlah palet warna yang ditebak sendiri bermacam-macam, tergantung tingkat kesulitan tes buta warna yang sedang diselenggarakan. Ada yang berjumlah 14 palet, 24 palet, dan yang paling sulit berjumlah 38 palet.

Nah, di artikel kali ini kami akan menyajikan contoh tes buta warna menggunakan buku ishihara dengan tingkat kesulitan menengah, yaitu yang berisi 24 palet huruf tokek. Kamu bisa menebak huruf atau angka yang tersembunyi di balik palet-palet tersebut untuk mengetahui apakah kamu buta warna atau tidak dengan melihat kunci jawabannya.

Huruf Tokek 1:
Seseorang yang normal maupun yang buta warna dapat melihat angka 12.


Huruf Tokek 2:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 8, mereka yang buta warna merah-hijau akan melihat angka 3, dan mereka yang buta warna total tidak akan melihat angka apapun.


Huruf Tokek 3:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 29, buta warna merah-hijau akan melihat angka 70, dan orang dengan buta warna total tidak akan melihat angka apapun.


Huruf Tokek 4:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 3, buta warna merah-hijau akan melihat angka 5, dan orang dengan buta warna total tidak akan melihat angka apapun.


Huruf Tokek 5:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 5, buta warna merah-hijau akan melihat angka 2, dan orang dengan buta warna total tidak akan melihat angka apapun.


Huruf Tokek 6:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 15, buta warna merah-hijau akan melihat angka 17, dan orang dengan buta warna total tidak akan melihat angka apapun.


Huruf Tokek 7:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 74, buta warna merah-hijau akan melihat angka 21, dan orang dengan buta warna total tidak akan melihat angka apapun.


Huruf Tokek 8:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 6, sedangkan mayoritas orang yang buta warna -baik total maupun parsial- tidak akan melihat angka apapun atau membacanya dengan salah.


Huruf Tokek 9:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 45, sedangkan mayoritas orang yang buta warna -baik total maupun parsial- tidak akan melihat angka apapun atau membacanya dengan salah.


Huruf Tokek 10:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 5, sedangkan mayoritas orang yang buta warna -baik total maupun parsial- tidak akan melihat angka apapun atau membacanya dengan salah.


Huruf Tokek 11:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 7, sedangkan mayoritas orang yang buta warna -baik total maupun parsial- tidak akan melihat angka apapun atau membacanya dengan salah.


Huruf Tokek 12:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 16, sedangkan mayoritas orang yang buta warna -baik total maupun parsial- tidak akan melihat angka apapun atau membacanya dengan salah.


Huruf Tokek 13:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 73, sedangkan mayoritas orang yang buta warna -baik total maupun parsial- tidak akan melihat angka apapun atau membacanya dengan salah.


Huruf Tokek 14:
Seseorang dengan penglihatan normal dan buta warna total tidak akan melihat angka apapun, sedangkan mereka yang buta warna merah hijau akan melihat angka 5.


Huruf Tokek 15:
Seseorang dengan penglihatan normal dan buta warna total tidak akan melihat angka apapun, sedangkan mereka yang buta warna merah hijau akan melihat angka 45.


Huruf Tokek 16:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 26. Orang dengan protanopia dan protanomalia angka 6 lebih terlihat dengan jelas. Adapun orang dengan deuteranomalia dan deuteranopia kuat hanya akan melihat angka 2 dengan lebih jelas.


Huruf Tokek 17:
Seseorang dengan penglihatan normal akan melihat angka 42. Orang dengan protanopia dan protanomalia angka 2 lebih terlihat dengan jelas. Adapun orang dengan deuteranomalia dan deuteranopia kuat hanya akan melihat angka 4 dengan lebih jelas.


Tes buta warna tahap lanjut dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi tidak mengharuskan kita menebak angka yang tersembunyi dalam palet huruf tokek. Kita hanya akan diharuskan menunjukan arah aliran warna dari titik X ke titik X lainnya sebagaimana terdapat dalam palet-palet berikut ini!

Nah, bagaimana? Apakah setelah mengikuti tes huruf tokek pada 24 contoh soal di atas kamu mengalami kesulitan dan kesalahan dalam menjawab? Jika iya, itu berarti kamu punya masalah dengan matamu. Tapi jika tidak, maka selamat! Kamu pasti akan bisa menyelesaikan tes yang nantinya kamu hadapi dengan sangat mudah! Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 24 Huruf Tokek untuk Tes Buta Warna Ishihara + Kunci Jawabannya Lengkap