Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Sabtu, 19 Mei 2018

4 Cara Menghilangkan Kedutan di Mata Pengalaman Saya : Ampuh, Murah, dan Mudah!

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ada banyak mitos dalam budaya Jawa yang mengaitkan kedutan di kelopak mata dengan suatu pertanda tertentu tentang kejadian masa depan. Dalam mitos itu dikatakan bahwa bila kita mengalami kedutan di mata, maka itu bisa menjadi pertanda akan menangis, akan bertemu dengan seseorang, dan lain sebagainya tergantung dari bagian mana yang mengalami kedutan.

Namun, terlepas dari benar atau tidaknya mitos-mitos tersebut, yang jelas kedutan pada kelopak mata pastilah akan sangat mengganggu kenyamanan. Lebih-lebih bila ia terjadi secara terus menerus dengan tempo yang cepat.

Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang mengalami kedutan di bagian mata dan merasa benar-benar merasa risih dan terganggu, cobalah beberapa tips dari pengalaman kami tentang cara menghilangkan kedutan di mata berikut ini.

Cara Menghilangkan Kedutan di Mata

Dalam ilmu medis, kedutan mata sebetulnya dapat terjadi karena adanya kontraksi otot tanpa sadar yang disebabkan oleh konsleting impuls pada syaraf motorik. Kontraksi ini umumnya diakibatkan oleh beberapa stimulan seperti kelelahan pada mata, mata kering, efek obat, kelebihan kafein, atau karena tingkat stress yang tinggi.

Cara Menghilangkan Kedutan di Mata Meski dapat disebabkan oleh jenis stimulan yang berbeda-beda, kedutan pada bagian kelopak mata sebetulnya dapat dihilangkan dengan cara-cara sederhana yang mudah untuk diterapkan. Berikut ini 7 cara menghilangkan kedutan di mata yang salah satu di antaranya mungkin bisa Anda coba!

1. Berkediplah dengan kuat

Yang paling sering terjadi, kedutan umumnya disebabkan oleh rendahnya tingkat kelembaban pada bola mata Anda (mata kering). Bila memang terjadi karena penyebab ini, Anda disarankan untuk menutup mata serapat mungkin selama 15 detik, kemudian membukanya selebar mungkin selama 15 detik juga.

Ulangi terus menerus aktivitas ini hingga mata Anda terasa pedih dan seperti akan menangis. Seketika itu, segeralah berkedip-kedip dengan cepat, agar air mata yang tadinya hendak mengalir dapat tersapu rata ke seluruh bola mata. Tak berselang lama, biasanya kedutan yang Anda rasakan pun akan hilang dengan sendirinya setelah kelembaban bola mata kembali normal.

2. Berkedip-kedip selama 30 detik

Jika sedang berada di tempat ramai sehingga Anda merasa sungkan mempraktekan cara nomor 1, Anda juga bisa mempraktekan cara menghilangkan kedutan di mata yang dengan prinsip yang hampir sama, yaitu dengan mengedip-ngedipkan mata selama 30 detik.

Kedipkan mata Anda dengan gerakan yang lembut dan pastikan Anda melakukannya dengan rileks. Setiap kedipan yang Anda lakukan akan dapat menenangkan otot mata yang berkontraksi sekaligus dapat meratakan bola mata dengan cairan pelumasnya.

3. Pijat kelopak mata dengan gerak memutar 

Kedutan pada mata (khususnya kelopak mata bagian bawah) juga dapat terjadi akibat kurang lancarnya sirkulasi darah di area sekitar mata atau akibat gejala kurang darah (anemia) yang menyebabkan lemahnya otot-otot mata.

Bila terjadi karena penyebab ini, maka cobalah untuk memparaktekan cara mengilangkan kedutan di mata dengan pijatan lembut. Pijat bagian kelopak mata yang bergerak-gerak (kedutan) menggunakan jari tengah Anda dengan gerakan memutar. Lakukan selama 30 detik dan rasakan perubahan yang terjadi.

Cara Menghilangkan Kedutan di Mata Perlu diketahui bahwa cara ini adalah cara yang paling sering saya lakukan bila mengalami kedutan mata. Selain karena cukup ampuh, cara ini juga relatif lebih mudah dan tidak membuat ribet.

4. Teknik hidroterapi mata

Kedutan mata parah yang terjadi secara terus menerus dengan intensitas kuat kadang kali tak bisa disembuhkan dengan ketiga cara di atas. Untuk kasus ini, disarankan bagi Anda yang mengalaminya agar berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, sangat mungkin bila kedutan tersebut merupakan gejala dari suatu masalah kesehatan serius yang sedang terjadi dalam tubuh Anda. [Baca Juga : Mata Kedutan Terus Menerus? Hati-hati dengan Penyakit Ini!]

Adapun untuk menghilangkan kedutan semacam ini, biasanya dokter akan melakukan hidroterapi mata. Hidroterapi mata adalah teknik terapi yang memanfaatkan air sebagai media untuk mengobati kontraksi terus menerus pada otot-otot tubuh tertentu.

Untuk menerapkan teknik hidroterapi, Anda sebetulnya bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya yaitu dengan memercikan air dingin dan air hangat ke bagian kelopak mata yang kedutan secara bergantian. Percikan air dingin akan menyempitkan pembuluh darah, sebaliknya air hanya akan melebarkan pembuluh darah yang menyempit.

Biasanya pada ulangan ke 8 kali, kondisi kedutan akan berangsur-angsur pulih. Meski begitu, hindari kopi, minuman bersoda, serta perbanyak minum air dan istirahat agar kondisi yang sama tidak terjadi kembali.

Nah, mungkin demikianlah sedikit pengalaman yang bisa saya berikan mengenai 4 cara menghilangkan kedutan di mata. Semoga pengalaman ini dapat membantu Anda dalam meredam ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Bagikan artikel ini bila Anda merasa ada manfaatnya! Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 4 Cara Menghilangkan Kedutan di Mata Pengalaman Saya : Ampuh, Murah, dan Mudah!