Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Rabu, 16 Mei 2018

4 Arti Kedutan Bibir : Bibir Atas, Bawah, Kiri, dan Kanan menurut Ilmu Kejawen

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Di antara banyak anggota tubuh yang kita miliki, bagian bibir adalah salah satu bagian yang paling sering mengalami kedutan. Baik bibir bagian bawah, maupun bagian atas, keduanya sama-sama bisa berkedut secara refleks akibat terjadinya konsleting pada impuls saraf motorik di bawah kulit.

Ditinjau dari ilmu kesehatan, kedutan pada bibir dianggap sesuatu yang wajar terjadi. Meski begitu, bila ia dialami secara terus menerus, maka kedutan tersebut bisa juga menjadi sebuah tanda tentang adanya gangguan kesehatan pada tubuh kita yang mengalaminya.

Terlepas dari itu semua, di kesempatan kali ini kita tidak akan membahas kedutan bibir dari sudut ilmu kesehatan secara rinci. Kita hanya akan membahas tentang bagaimana kedutan di sekitar bibir dipandang dari pemahaman ilmu orang tua zaman dulu. Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang mengalami kedutan bibir dan ingin tahu firasat apa yang dibawa oleh pertanda kedutan tersebut, silakan simak pembahasan yang telah kami buat berikut ini!

Arti Kedutan Bibir menurut Primbon Jawa

Sebagaimana kita ketahui, dalam budaya Jawa kita memang sering menemukan adanya mitos-mitos yang kadang sulit masuk di akal. Kendati demikian, mitos-mitos tersebut faktanya kerap terbukti menjadi kenyataan dan kebenaran.

Arti Kedutan Bibir : Bibir Atas, Bawah, Kiri, dan Kanan Hal yang sama juga berlaku terkait mitos arti kedutan bibir. Dalam primbon Jawa disebutkan bahwa kedutan di area bibir dapat menjadi suatu pertanda mengenai hal atau kejadian yang akan terjadi pada orang yang mengalami kedutan.

Pertanda yang dibawa tersebut bisa berupa pertanda baik atau buruk, tergantung dari bagian bibir mana yang mengalami kedutan. Apakah bibir atas, bibir bawah, bibir kiri, atau bibir kanan -semuanya membawa pertanda yang berbeda-beda.

1. Kedutan bibir atas kanan

Yang pertama, kedutan bibir atas di bagian sebelah kanan. Sebagaimana yang termuat dalam kitab primbon yang kami miliki, kedutan pada bagian ini disebut sebagai pertanda buruk bagi orang yang mengalaminya.

Pertanda buruk tersebut berkaitan dengan akan adanya umpatan atau perkataan buruk yang keluar dari mulut. Umpatan atau perkataan buruk ini diramalkan sebagai akibat adanya emosi, pertengkaran, atau rasa kecewa yang mendalam karena suatu kejadian.

Percaya tidak percaya. Faktanya beberapa minggu yang lalu sayapun telah membuktikan kebenaran ramalan arti kedutan ini. Setelah 2 hari lamanya bibir atas bagian kanan berkedut kencang, keesokan harinya saya memang mengalami pertengkaran hebat dengan teman sekerja karena suatu hal yang tentu tidak perlu disebutkan.

Wallohualam! Yang jelas, bila Anda mengalami kedutan di bagian ini beberapa hari ke belakang, jagalah hati dan kendalikan emosi Anda bila kemudian suatu hal buruk terjadi pada Anda.

2. Kedutan bibir atas kiri

Kebalikan dari tafsir arti kedutan bibir atas kanan, kedutan pada bagian bibir atas kiri justru disebut primbon sebagai pertanda baik. Orang yang mengalaminya diyakini akan memperoleh pujian, sanjungan, atau perkataan baik dari seseorang karena kebaikan yang telah dilakukannya. Anda bisa meniteni benar tidaknya ramalan ini. Tapi yang jelas, janganlah takabur bila kemudian hal yang diramalkan benar-benar terjadi.

3. Kedutan bibir bawah kanan

Entah bagaimana hubungan, penjelasan, dan kaitannya, yang jelas primbon menyebutkan bahwa, bila seseorang mengalami kedutan bibir bawah bagian kanan, maka diramalkan ia akan mendapat rejeki dalam waktu dekat ini.

Rejeki yang diramalkan bisa datang dari jalan mana saja, bahkan dari jalan yang tidak terduga. Saya sendiri pernah membuktikan kebenaran ramalan ini. Seorang teman membayar hutangnya yang sudah menunggak sangat lama sekali. Saking lamanya, hutang tersebut bahkan sampai sudah saya ikhlaskan karena malu untuk menagihnya.

4. Kedutan bibir bawah kiri

Kedutan bibir bawah kiri juga ditafsirkan sebagai alamat datangnya rejeki. Disebutkan primbon bahwa barang siapa mengalami kedutan di bagian ini, maka ia diyakini akan mendapat jalan usaha yang bisa mencukupi kebutuhan dan keinginannya.

Wallohualam. Saya sendiri tidak bisa menjelaskan lebih jauh karena memang belum pernah mengalami dan membuktikan benar tidaknya ramalan ini. Yang jelas, berdoalah supaya apa yang diramalkan tersebut bisa benar-benar menjadi kenyataan bagi Anda yang baru saja mengalaminya.

Nah, demikianlah beberapa arti kedutan bibir menurut primbon Jawa ilmu kejawen secara lengkap yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Percaya tidak percaya, itu terserah Anda. Ini hanyalah catatan orang tua zaman dulu yang dihasilkan dari pengalaman-pengalaman meniteni pertanda yang diberikan alam. Bukankah segala ketetapan takdir dan masa depan adalah mutlak atas kuasa dan kehendak-Nya? Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 4 Arti Kedutan Bibir : Bibir Atas, Bawah, Kiri, dan Kanan menurut Ilmu Kejawen