Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Jumat, 02 Maret 2018

Cara Menentukan Arah Rumah Pembawa Hoki menurut Primbon Jawa

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Arah Rumah Pembawa Hoki - Leluhur orang Jawa zaman dulu percaya bila arah menghadapnya suatu rumah bisa menentukan bagaimana kehidupan ekonomi, kesehatan, keamanan, dan rasa nyaman bagi si penghuni rumah.

Kepercayaan ini bila dikaji dari sisi ilmiah tentu tidak ada hubungannya, namun sebagian orang saat ini masih tetap menggunakan hitung-hitungan ini dalam menentukan arah rumahnya agar bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Nah, pada artikel kali ini saya telah mengulas tentang bagaimana hitung-hitungan dalam menentukan arah rumah pembawa hoki, bagi Anda yang ingin menerapkannya saat hendak membangun sebuah rumah. Silakan dipelajari!

Arah Rumah Pembawa Hoki

Menurut ilmu kejawen, membangun sebuah rumah memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berbagai ritual, mulai dari menentukan tanggal peletakan pondasi pertama, pemilihan hari baik pindah rumah, sampai penentuan desain harus dihitung dengan baik agar rumah yang nantinya dihuni bisa membawa kebaikan.

Arah Rumah Pembawa Hoki Dalam menentukan arah menghadapnya rumah sendiri, primbon mengatakan bahwa hal ini dilakukan tergantung dari neptu kepala keluarga yang nantinya menghuni rumah tersebut. Neptu adalah gabungan nilai hari dan pasaran (weton) dari tanggal kelahiran seseorang. Anda bisa membaca tentang bagaimana cara menghitung neptu pada artikel di blog ini.

1. Rumah menghadap utara

Bila kepala keluarga memiliki neptu yang habis dibagi 4, misalnya neptu dengan nilai 8, 12, dan 16, maka disarankan ia membangun rumah yang menghadap utara. Arah rumah tersebut diyakini akan membawa banyak kebaikan dalam kehidupannya saat mulai menempati rumah yang dibangunnya.

Bila orang dengan nilai neptu yang tidak habis dibagi 4 memaksa untuk menempati rumah ini. Menurut primbon, meski ia memperoleh kemudahan dalam mencari rejeki, mendapat kesehatan yang baik, serta merasakan kenyamanan dan rasa tenang saat menghuninya, namun diyakini rumah tersebut akan sering kemalingan.

2. Rumah menghadap timur

Bila kepala keluarga memiliki neptu yang bila dibagi 4, menyisakan 1, misalnya neptu nilai 9, 13, dan 17, maka disarankan ia membangun rumah yang menghadap timur. Arah ini sangat baik dan diyakini dapat membawa banyak kemudahan dalam hidupnya saat mulai menempati rumah tersebut.

Bila orang diluar neptu yang disebutkan menempati rumah yang menghadap timur, menurut primbon, ia akan kesulitan dalam mencari rejeki. Meskipun kesehatannya selalu baik, rasa nyaman dan keamanan baik, namun ia diyakini akan tertatih-tatih dalam mencukupi kebutuhan hidupnya.

3. Rumah menghadap selatan

Bila kepala keluarga memiliki neptu yang saat dibagi 4 menyisakan 2, misalnya neptu nilai 10, 14, dan 18, maka disarankan ia membangun rumah yang menghadap selatan. Arah ini dapat membawa hoki dan kebaikan bagi dirinya sejak saat ia mulai menghuni rumah tersebut.

Orang di luar neptu bersisa 3, bila memaksa untuk menghuni rumah yang menghadap selatan akan mendapat masalah dengan kesehatannya. Meskipun dalam mencari rejeki ia selalu dimudahkan, rasa nyaman dan keamanan selalu didapatkan, namun ia atau penghuni rumah akan sering mengalami sakit-sakitan karena suatu persoalan.

4. Rumah menghadap barat

Bila kepala keluarga memiliki neptu yang bersisa 3, misalnya neptu dengan nilai 7, 11, dan 15, maka disarankan untuknya membangun rumah yang menghadap ke barat. Arah rumah yang menghadap ke barat akan membawa hoki dan banyak keberuntungan bagi diri dan keluarganya di kemudian hari.

Bila orang dengan nilai neptu lain mendiami rumah yang menghadap ke barat, ia akan memperoleh berbagai masalah dalam kehidupan rumah tangganya. Meski secara rejeki, kesehatan, dan rasa aman selalu tercukupi, namun perselingkuhan dan pengkhianatan mungkin saja terjadi di masa yang akan datang.

Nah, mungkin itulah pertimbangan yang bisa saya berikan terkait pemilihan arah rumah yang membawa hoki menurut primbon Jawa yang saya miliki. Anda boleh percaya ataupun mengabaikan hitung-hitungan ini, tapi bila ingin mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, tak ada salahnya bukan mengikuti apa yang telah menjadi pengalaman leluhur kita? Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Cara Menentukan Arah Rumah Pembawa Hoki menurut Primbon Jawa