Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Minggu, 25 Februari 2018

Telinga Berdenging Sebelah Kanan dan Cara Menyembuhkannya Pengalaman Saya!

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Telinga Berdenging Sebelah Kanan - Kondisi telinga berdenging adalah hal yang lazim di alami oleh semua orang. Sebagian percaya jika kondisi ini merupakan pertanda sedang ada seseorang yang membicarakan tentang dirinya. Namun, tak sedikit pula yang menganggap bila telinga berdenging terjadi karena pengaruh stress atau kondisi lingkungan yang penuh kebisingan.

Telinga berdenging sebelah kanan dan kiri bisa terjadi dengan intensitas yang berbeda-beda. bahkan ada yang bisa mengalaminya hingga berhari-hari. Menurut data dari Alodokter, disebutkan bahwa 1 dari 100 orang yang merasakan telinga berdenging akan mengalami gangguan konsentrasi, masalah tidur, hingga depresi.

Bila semua gangguan itu terjadi, maka sudah barang tentu telinga berdenging sebelah kanan dan kiri yang sedang dialami harus segera dihilangkan. Lantas, seperti apa cara menghilangkan kondisi telinga berdenging yang terbukti mujarab.

Telinga Berdenging Sebelah Kanan

Untuk menghilangkan telinga berdenging sebelah kanan dan kiri secara efektif, sebetulnya terlebih dahulu kita harus mengenal penyebab pastinya. Sedikitnya, ada 5 penyebab utama telinga berdenging. Akan tetapi, secara umum telinga berdenging karena semua penyebab-penyebab tersebut dapat diatasi dengan menerapkan teknik-teknis sederhana.

Telinga Berdenging Sebelah Kanan Ada 7 teknik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dengingan pada telinga. Ketujuh teknik berikut ini bisa disesuaikan dengan perkiraan penyebab yang Anda rasakan.

1. Relaksasi

Yang pertama adalah dengan relaksasi. Anda bisa melakukan yoga, meditasi, atau kegiatan yang membuat nyaman untuk meminimalkan efek stress akibat dengingan pada telinga yang terjadi secara terus menerus. Terlebih bila telinga berdenging yang Anda alami disebabkan oleh suara bising kendaraan, mesin, atau dentuman keras senjata, maka cara ini pasti akan sangat efektif mengurangi dampak buruk dari denging pada telinga.

2. Buat cerobong telinga

Orang tua zaman dulu mengatasi telinga berdenging dengan cara yang sangat mudah sekali, dengan hanya menggunakan telapak tangannya saja. Meski terbilang kuno, namun cara ini ternyata sangat efektif untuk menghilangkan telinga berdenging sebelah kanan dan kiri. Jika tak percaya, cobalah ikuti langkah berikut.
  1. Kepal telapak tangan yang berlawanan dengan telinga yang berdenging. Misalnya, jika yang berdenging telinga kanan, maka kepallah telinga kiri.
  2. Kepalan dibuat longgar sehingga berbentuk seperti cerobong sederhana. Tiupkan udara dengan mulut ke dalam kepalan tersebut dan segeralah meletakan mulut cerobong ke bagian depan rongga telinga yang berdenging.
  3. Biarkan sesaat dan Anda akan merasakan dengingan di telinga hilang secara ajaib.

3. Konsumsi obat antidepresan

Jika telinga berdenging sebelah kanan dan kiri yang Anda alami disebabkan oleh stress, maka ada baiknya Anda mengkonsumsi obat anti depresan. Akan tetapi, pastikan jumlah, jenis, dan dosisnya sesuai dengan resep dokter.

4. Dengarkan musik slow

Jika berada di ruangan yang hening sekali, dengingan umumnya akan terasa lebih kencang dan sangat mengganggu. Oleh karena itu, cobalah untuk mendengarkan musik slow dengan volume rendah agar perhatian telinga Anda teralihkan. Terapi ini juga akan sangat bermanfaat dilakukan ketika menjelang tidur.

6. Gunakan pelindung telinga

Ini sebetulnya merupakan tindakan pencegahan. Tapi tentu tak ada salahnya dilakukan untuk menghilangkan resiko telinga berdenging parah.

Jika aktivitas harian Anda selalu berdekatan dengan sumber bunyi yang keras, seperti pabrik, atau jalanan, maka ada baiknya Anda selalu menggunakan pelindung telinga. Mendengarkan suara keras pada waktu yang lama juga membuat kesehatan pendengaran Anda lambat laun akan terganggu. Jadi, serba bermanfaat bukan?

7. Periksakan ke dokter THT

Apabila semua cara di atas telah dicoba tapi hasilnya tidak maksimal sehingga Anda terus mengalami telinga berdenging sebelah kanan dan kiri, maka segeralah periksakan kesehatan telinga Anda ke dokter THT. Dokter akan segera melakukan CT scan, MRI, atau pemeriksaan lainnya untuk memastikan tidak ada gangguan serius pada kesehatan tubuh dan telinga Anda, seperti infeksi saluran telinga, tumor ganas yang menekan syaraf pendengaran, atau penyakit lainnya.

Nah, mungkin itulah beberapa cara menghilangkan telinga berdenging sebelah kanan dan kiri yang bisa Anda coba terapkan. Semoga bisa membantu Anda keluar dari masalah! Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Telinga Berdenging Sebelah Kanan dan Cara Menyembuhkannya Pengalaman Saya!