Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Selasa, 27 Februari 2018

5 Penyebab Telinga Berdenging : Waspadalah dengan Gejala Penyakit Ini!

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Penyebab Telinga Berdenging - Pernahkah Anda merasakan telinga Anda berdenging secara tiba-tiba? Meski sebagian orang percaya jika hal ini merupakan pertanda sedang ada yang menceritakan dirinya, namun menurut ilmu medis, hal ini sebetulnya merupakan kondisi yang biasa. Telinga berdenging atau disebut dengan istilah tinnitus adalah sebuah gejala normal yang terjadi pada setiap orang dan akan hilang dengan sendirinya.

Meskipun merupakan gejala normal, telinga berdenging bisa menjadi pengganggu konsentrasi saat sedang melakukan aktivitas harian. Ia bisa mengusik istirahat dan pada kondisi serius dapat membuat seseorang mengalami tekanan psikologis. Selain itu, tinnitus ini juga pada tingkat tertentu dapat menjadi gejala adanya suatu masalah kesehatan pada seseorang.

Apa saja masalah kesehatan yang ditunjukan dengan gejala telinga berdenging? Apa saja penyebab telinga berdenging yang sebaiknya diwaspadai? Bagaimana cara mudah menghilangkan denging pada telinga yang terjadi secara terus menerus dengan bunyi seperti kemasukan air? Untuk tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, silakan simak pembahasan yang telah kami buat berikut ini!

Penyebab Telinga Berdenging

Secara umum, telinga berdenging hanya akan dirasakan ketika seseorang berada di tempat yang hening. Oleh karena itu, hal ini biasanya akan terjadi ketika malam hari, menjelang tidur. Namun, ada kalanya seseorang mengalami telinga berdenging secara terus menerus dengan suara seperti saat telinganya kemasukan air.

Penyebab Telinga Berdenging Perbedaan intensitas denging pada telinga biasanya juga disebabkan perbedaan penyebab. Adapun penyebab telinga berdenging sendiri ada 2 jenis, yaitu penyebab ringan dan penyebab serius. Berikut ini penjelasan dari keduanya.

1. Paparan suara kencang

Penyebab umum dan yang paling utama mengapa seseorang mengalami dengingan pada telinga adalah karena paparan suara kencang. Hampir 90% kasus telinga berdenging disebabkan oleh hal ini. Orang-orang dengan aktivitas yang selalu berdekatan dengan sumber suara kencang seperti pilot, tukang bangunan, tentara, tukang kayu, hingga seniman musik rock akan lebih sering mengalaminya.

Kendati begitu, Anda juga dapat mengalami telinga berdenging karena selalu berdekatan dengan kebisingan, misalnya saat terjebak macet, berada di pasar, atau di tempat keramaian lainnya. Jika mengalami telinga berdenging karena penyebab ini, Anda tentu tidak perlu khawatir, karena ini hanyalah penyebab ringan, sehingga bukan merupakan gejala penyakit dan dengingan pada telinga pun akan hilang dengan sendirinya.

2. Masalah di saluran telinga

Selain disebabkan oleh paparan suara kencang, telinga berdenging juga dapat disebabkan karena adanya infeksi di saluran rongga telinga Anda. Akibat infeksi ini, telinga berdenging biasanya akan disertai rasa panas di bagian dalam rongga atau daun telinga.

Tak usah khawatir. Ini juga merupakan penyebab ringan. Jika infeksi langsung mendapat penanganan, dengungan telinga akan hilang dan tidak akan menimbulkan masalah serius bagi indera pendengaran Anda.

3. Tumor jinak di syaraf

Anda harus benar-benar khawatir bila telinga berdenging yang Anda rasakan terjadi secara terus menerus dan bunyinya seperti kemasukan air. Karena hal itu bisa disebabkan oleh adanya pertumbuhan tumor jinak yang menekan syaraf pendengaran di telinga Anda. Anda harus segera melakukan check up agar dokter bisa segera melakukan penanganan. CT scan dan MRI mungkin akan dilakukan untuk mengetahui apakah hal ini yang menjadi penyebab telinga berdenging yang sedang dialami.

4. Pengaruh penyakit tertentu

Jika Anda mengidap penyakit tertentu, seperti hipertensi, anemia, diabetes, alergi, penyakit kardiovaskular, penyakit Meniere, osteoklorosis, sindrom sendi, atau gangguan kelenjar tiroid, Anda memang akan lebih sering mengalami kondisi telinga berdenging. Kondisi telinga berdenging karena pengaruh penyakit dapat dihilangkan dengan mengobati penyakit utama Anda. Jika penyakit tersebut mereda, telinga berdenging pun akan semakin jarang dirasakan.

5. Konsumsi obat

Dan penyebab telinga berdenging yang terakhir adalah karena konsumsi obat tertentu. Jika beberapa waktu lalu Anda mengkonsumsi antibiotik, aspirin, anti depresan, obat bius, atau obat anti inflamasi, kemudian Anda mengalami telinga berdenging, maka jangan khawatir. Hal itu adalah kondisi yang wajar akibat pengaruh obat dan tidak akan menimbulkan bahaya di tubuh.

Nah, itulah beberapa penyebab telinga berdenging yang salah satunya mungkin sedang terjadi kepada diri Anda. Bila penyebab yang Anda rasakan adalah penyebab serius dengan tanda-tanda yang telah disampaikan, periksakan diri Anda ke dokter THT untuk memperoleh penanganan sesegera mungkin. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 5 Penyebab Telinga Berdenging : Waspadalah dengan Gejala Penyakit Ini!