Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Selasa, 13 Februari 2018

Mata Kedutan Terus Menerus? Hati-hati dengan 4 Penyakit Berbahaya Ini!

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Mata Kedutan Terus Menerus - Kedutan memang fenomena yang biasa terjadi. Semua orang pun pasti pernah mengalaminya. Meski menimbulkan rasa risih, namun kedutan nyatanya bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat terjadi.

Kendati merupakan fenomena lazim, nyatanya Anda harus waspada bila merasakan kedutan yang terjadi secara terus menerus, terlebih bila kedutan tersebut terjadi di area sekitar mata. Menurut kesehatan atau ilmu medis, mata kedutan terus menerus bisa menjadi gejala adanya suatu penyakit serius yang sedang menyerang tubuh Anda.

Nah, lantas apa sajakah pertanda penyakit yang dimaksud? Benarkah bila mata kedutan terus menerus merupakan pertanda adanya penyakit serius di tubuh kita? Bagi Anda yang ingin tahu jawaban dari kedua pertanyaan ini, silakan simak pembahasan berikut!

Mata Kedutan Terus Menerus

Mata kedutan dalam ilmu kesehatan dikenal dengan istilah blefarospasme. Blefarospasme adalah suatu gerakan yang terjadi secara berulang di kelopak mata bagian atas atau bawah dengan tempo 1-3 detik sekali.

Mata Kedutan Terus Menerus Blefarospasme dapat terjadi pada tingkat yang berbeda-beda. kedutan yang terjadi selama 1-2 menit termasuk blefarospasme ringan dan tidak menimbulkan bahaya, sedangkan bila kedutan terjadi hingga berhari-hari atau berminggu-minggu, maka kedutan tersebut termasuk kategori blefarospasme berbahaya.

1. Kedutan mata blefarospasme ringan

Mata kedutan terus menerus yang hanya terjadi selama 1-2 menit dengan tempo 1-3 detik sekali adalah jenis blefarospasme ringan yang tidak perlu dikhawatirkan. Gejala ini terjadi karena kurangnya istirahat, stress, konsumsi kafein dan miras secara berlebih, kelelahan, atau karena kebiasaan merokok.

Selain tidak menimbulkan rasa sakit dan kekhawatiran terhadap gejala penyakit, kedutan semacam ini juga bisa menjadi pertanda awal bagi diri kita untuk dapat memperbaiki gaya hidup. Bahkan, ditilik dari sisi spiritualis, kedutan kelopak mata justru bisa menjadi alamat tentang keberuntungan.

2. Kedutan mata blefarospasme berbahaya

Sementara blefarospasme ringan tidak perlu dikhawatirkan, kedutan mata yang terjadi terus menerus selama berhari-hari justru bisa menjadi pertanda bahaya. Kedutan semacam ini dalam ilmu medis dikenal dengan istilah hemificial spasm atau kejang wajah.

Kejang wajah disebabkan adanya tekanan pembuluh arteri darah pada syaraf di otot wajah yang terganggu. Kejang semacam ini biasanya terjadi di sekitar area mulut, tapi juga bisa terjadi di sekitar mata. Kejang wajah menyebabkan mulut atau mata kedutan terus menerus selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu hingga menyebabkan orang yang mengalaminya merasa sangat risih.

Menurut medis, gangguan syaraf otot di wajah yang menjadi penyebab kedutan hemificial spasm bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu di tubuh kita. Penyakit-penyakit tersebut antara lain:


  1. Bell’s palsy. Adalah suatu penyakit yang menyebabkan salah satu bagian wajah akan mengalami kelumpuhan.
  2. Distonia. Adalah gangguan pada syaraf yang menyebabkan terjadinya kejang otot tidak terduga. Kejang otot pada taraf lanjut akan membuat otot kaku, kesulitan bicara, tubuh bergetar, atau gangguan keseimbangan.
  3. Sindrom Tourette. Adalah kondisi yang menyebabkan munculnya gerakan atau suara secara spontan.
  4. Multiple sklerosis. Adalah gangguan pada sistem kekebalan tubuh, utamanya pada bagian mylin pembungkus sel-sel syaraf motorik.


Menyadari bahwa penyakit-penyakit tersebut sangat serius, maka bila Anda mengalami mata kedutan terus menerus hingga berminggu-minggu, saran kami segeralah periksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis. Terlebih bila kondisinya sudah terasa parah, misalnya sampai membuat kelopak mata tertutup sepenuhnya, mata memerah, bengkak, dan mengeluarkan cairan, atau rasa kedutan meluas ke bagian wajah yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Mata Kedutan Terus Menerus? Hati-hati dengan 4 Penyakit Berbahaya Ini!