Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Senin, 12 Februari 2018

Kedutan Mata Kanan menurut Kesehatan dan Cara Ampuh Menghilangkannya

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Kedutan Mata Kanan menurut Kesehatan – Kata orang tua dulu, barang siapa mengalami kedutan mata kanan maka itu artinya dalam waktu dekat ia akan bertemu dengan seseorang yang disayanginya. Seiring dengan berkembangnya zaman, pepatah orang tua tersebut belakangan ini semakin ditinggalkan.

Ya, dengan berkembangnya ilmu medis, banyak orang zaman sekarang meyakini bila kedutan tidak bisa dikaitkan dengan ramalan atau kondisi spiritualis lainnya. Proses terjadinya kedutan di seluruh bagian tubuh dapat dijelaskan melalui kajian ilmu kesehatan yang lebih komprehensif dan bisa dipertanggungjawabkan, termasuk kedutan yang terjadi di sekitar mata kanan.

Lantas, apa sebetulnya arti kedutan mata kanan menurut kesehatan? Benarkah kedutan mata kanan adalah pertanda tentang adanya penyakit tertentu yang sedang menyerang tubuh kita? Ketahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini pada pembahasan berikut!

Kedutan Mata Kanan menurut Kesehatan

Seperti dikutip dari penyataan Dave Patel, -seorang asisten profesor ophthalmology di Mayo Clinic, kedutan mata kanan memang jenis kedutan yang paling umum dan paling sering terjadi. Kedutan di area ini disebabkan oleh reflek dari otot di sekitar kelopak mata saat mata menghadapi stimuli asing.

Kedutan Mata Kanan menurut Kesehatan Kedutan kelopak mata kanan atau pun kiri adalah respon yang diberikan syaraf tak sadar untuk mencegah ancaman, seperti debu atau benda asing masuk ke dalam bola mata. Selain itu, ancaman berupa keringnya bola mata juga bisa menjadi penyebab terjadinya hal ini.

Selain penyebab-penyebab itu, kedutan mata kanan menurut kesehatan juga dapat terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Stress berat, konsumsi rokok, miras, kafein, dan kelelahan adalah pemicu utama yang membuat seseorang sering mengalami kedutan mata.

Kedutan terus menerus

Pada umumnya, kedutan mata hanya berlangsung dalam waktu singkat, yaitu antara 1 sd 2 menit. Namun, ada kondisi khusus yang membuat kedutan bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama. Kedutan terus menerus yang terjadi berminggu-minggu bisa saja merupakan gejala timbulnya penyakit serius.

Penyakit tersebut biasanya berhubungan dengan gangguan pada syaraf sekitar mata, seperti penyakit parkinson, Sindrom Tourette, Multiple sklerosis, Distonia, atau Bell’s palsy. Hanya saja, dibandingkan kedutan biasa, kedutan pertanda penyakit-penyakit ini bisa dibilang hanya terbatas pada kasus-kasus yang jarang terjadi.

Cara menghilangkan kedutan menurut kesehatan

Kedutan memang biasanya akan terjadi dalam waktu singkat dan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, bila ia dirasakan terjadi saat kita sedang menjalankan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi dan ketenangan, maka kita pasti risih dan terganggu.

Jika sudah demikian, kita pasti ingin kedutan yang dirasakan itu bisa hilang secepatnya. Lantas adakah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kedutan menurut kesehatan?

Seperti yang dikutip dari Mayo Clinik,  kedutan khususnya kedutan mata kanan menurut kesehatan dapat dihilangkan dengan cara yang sederhana. Pertama, berhentilah melakukan apapun yang sedang Anda kerjakan. Pejamkan dan tutuplah sejenak mata yang berkedut dengan jari. Kemudian beristirahatlah selama 2 menit sambil mengatur pernafasan menggunakan teknik yoga.

Bila cara tersebut sudah dilakukan tapi kedutan masih terus terjadi, cobalah untuk menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata akan membantu mata memperoleh kelembaban idealnya dan menghentikan aktivitas syaraf motorik yang tidak terkontrol.

Nah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang proses terjadinya kedutan mata kanan menurut kesehatan serta cara menghilangkan kedutan yang Anda rasakan. Bila kedutan terus terjadi secara berulang (hilang timbul), maka cobalah untuk mengubah gaya hidup Anda dan periksakan kondisi tersebut ke tenaga medis terdekat. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Kedutan Mata Kanan menurut Kesehatan dan Cara Ampuh Menghilangkannya