Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Jumat, 02 Februari 2018

4 Arti Kelelawar Masuk Rumah menurut Islam, Hindu, Jawa, dan Fengshui

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Kelelawar Masuk Rumah - Dalam kepercayaan masyarakat tradisional Nusantara, masuknya suatu hewan tertentu ke dalam rumah dianggap dapat menjadi pertanda tentang sebuah kejadian.  Salah satu hewan yang dianggap dapat membawa pertanda tertentu adalah kelelawar atau kalong.

Kelelawar kadang kali memang bisa masuk ke dalam rumah. Sesaat setelah masuk, ia biasanya akan terbang berputar mengelilingi ruangan hingga akhirnya ia keluar dengan sendirinya. Menurut beberapa kebudayaan, baik budaya Jawa, Hindu Bali, Fengshui China, dan bahkan menurut budaya Islam, datangnya kelelawar ke dalam rumah tanpa di sengaja bisa saja karena ia ingin menyampaikan suatu kabar atau pertanda.

Lantas, kabar atau pertanda apakah yang sebetulnya ingin disampaikan kelelawar sehingga ia masuk menghampiri rumah kita? Apakah arti kelelewar masuk rumah menurut Islam, primbon Jawa, kepercayaan Hindu, dan ilmu Fengshui? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, silakan simak pembahasan yang sudah kami buat berikut ini.

Arti Kelelawar Masuk Rumah

Pandangan beberapa budaya dan kepercayaan masyarakat nusantara dalam menafsirkan arti kelelawar masuk rumah sangat berbeda-beda. Tapi yang jelas, pertanda masuknya kelelawar tersebut bisa membawa pertanda baik maupun alamat keburukan.

Arti Kelelawar Masuk Rumah

Kelelawar masuk rumah menurut budaya Hindu

Ditinjau dari budaya masyarakat Hindu Bali misalnya, masuknya kelelawar ke dalam rumah dianggap merupakan suatu pertanda tidak baik. Kelelawar adalah hewan malam yang dipandang memiliki aura negatif. Jadi, jika ia masuk ke dalam suatu rumah, berarti ia akan memberikan aura tersebut kepada pemilik rumah.

Dengan kata lain, kelelawar yang biasa tinggal di gua atau tempat-tempat gelap tentu mengira bila rumah yang dimasukinya adalah rumahnya. Padahal perkiraan kelelawar tersebut salah. Bila rumah tersebut beraura manusia (beraura positif), pastilah hal yang demikian tidak akan pernah terjadi.

Kelelawar masuk mengelilingi rumah menurut ilmu kejawen

Lain lubuk lain ikannya, lain budaya lain pula penafsirannya. Bila menurut budaya Bali, masuknya kelelawar ke dalam rumah menjadi alamat tidak baik, maka dalam ilmu kejawen, hal tersebut justru menjadi pertanda baik.

Disebutkan dalam kitab primbon mujarobat Jawa, apabila kelelawar masuk rumah dan terbang berputar searah jarum jam, maka pertanda akan ada tamu yang membawa kabar baik. Sedangkan bila kelelawar masuk rumah dan terbang berlawanan arah jarum jam, maka itu adalah pertanda akan ada rejeki yang datang pada pemilik rumah.

Kedua pertanda ini tentu hanya sekedar mitos ramalan belaka. Akan tetapi, saya sendiri pernah membuktikan kebenarannya. Anda boleh mempercayai ramalan ini dan juga mengabaikannya saja.

Masuknya kelelawar ke dalam rumah menurut fengshui

Dalam pemahaman ilmu fengshui China, rumah yang sering dimasuki kelelawar dianggap sebagai rumah yang beraura buruk. Penghuninya diyakini akan sering sakit, seret rezeki, sering kemalingan, atau sering menghadapi masalah-masalah dalam kehidupan berumah tangga.

Lebih lanjut, aura negatif dari rumah tersebut dapat diminimalkan atau dihilangkan dengan melakukan beberapa perubahan terhadap desain rumah. Misalnya dengan mengganti warna cat dinding dengan warna yang lebih cerah, mengurangi pohon-pohon berdaun rimbun di depan rumah, memasang lebih banyak lampu, dan membuat kolam ikan berukuran kecil (bisa juga dengan akuarium).

Kelelawar Masuk Rumah menurut Islam

Adapun dalam pemahaman syariat islam sendiri, masuknya kelelawar atau hewan lainnya ke dalam rumah tidaklah memiliki arti khusus. Bahkan beberapa ulama berpendapat, percaya dengan pertanda-pertanda atau ramalan tertentu bisa masuk dalam katagori thayyirah atau syirik kecil. Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk mengabaikan ramalan apapun yang ada dalam kepercayaan lain jika ingin selamat dunia akhirat.

Nah, demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang pertanda arti kelelawar masuk rumah menurut Islam, primbon Jawa, ilmu Fengshui China, dan kepercayaan masyarakat Hindu Bali. Semoga bisa menjadi bahan bacaan yang menarik dan bisa menambah wawasan. Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 4 Arti Kelelawar Masuk Rumah menurut Islam, Hindu, Jawa, dan Fengshui