Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Senin, 05 Februari 2018

8 Arti Hewan Masuk Rumah menurut Primbon dan Fengshui China

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Arti Hewan Masuk Rumah - Dalam kepercayaan ilmu kejawen, masuknya hewan tertentu ke dalam rumah memang dapat dianggap sebagai suatu pertanda tertentu. Pertanda yang dimaksud dapat berupa pertanda baik dan pertanda buruk, tergantung dari jenis hewannya.

Meski masih merupakan sebuah mitos, nyatanya pertanda-pertanda yang disampaikan dalam ilmu kejawen ini sudahbanyak terbukti kebenarannya.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa saja pertanda-pertanda dari arti hewan masuk rumah menurut primbon ilmu kejawen, silakan simak uraian lengkap yang telah kami buat berikut ini!

Arti Hewan Masuk Rumah

Ada banyak jenis hewan yang biasa memasuki rumah kita. Namun, tidak semua jenis hewan memiliki makna pertanda khusus. Hewan-hewan seperti ayam, kucing, semut, kecoa, dan cicak memang merupakan hewan yang lazim keluar masuk rumah, sehingga dalam ilmu kejawen hewan-hewan ini dianggap tidak memiliki arti khusus bila sampai masuk keluar rumah.

Arti Hewan Masuk Rumah Sementara itu, ada pula beberapa jenis hewan yang tidak lazim berada di dalam rumah. Namun, ada kalanya untuk kejadian yang tidak diduga, hewan tersebut masuk ke rumah. Hewan seperti ular, kelelawar, burung, capung, kodok, tokek, kupu-kupu, dan kumbang tanduk (wangwung) bila sampai masuk ke dalam rumah, menurut primbon itu bisa menjadi sebuah pertanda. Ada  pesan yang ingin disampaikan hewan tersebut kepada pemilik rumah lewat kehadirannya.

1. Arti ular masuk rumah

Yang pertama adalah ular. Hewan berbahaya satu ini memang ada kalanya masuk menyelinap ke dalam rumah. Terlebih di musim kemarau, mereka akan masuk lewat saluran pembuangan air untuk mencari air minum demi bertahan hidup.

Dalam ilmu kejawen, masuknya ular ke dalam rumah dapat  membawa 2 pertanda. Bila ularnya ular berbisa, maka itu adalah pertanda sial atau akan ada musibah yang akan dihadapi pemilik rumah. Sedangkan bila ularnya ular tidak berbisa, itu pertanda adanya janji yang harus segera ditunaikan. Anda bisa membaca bagaimana bagaimana pengalaman saya dalam membuktikan pertanda ini di artikel sebelumnya : kumpulan arti ular masuk rumah.

2. Arti kelelawar masuk rumah

Jika sampai masuk ke dalam rumah, kelelawar besar (kalong) membawa pertanda bahwa penghuni rumah akan mengalami sakit atau musibah, sedangkan kelelawar kecil membawa pertanda rezeki di depan mata.

3. Arti burung masuk rumah

Berbagai jenis burung liar kadang kali memang bisa masuk menyelinap ke dalam rumah. Dalam ilmu primbon, pertanda masuknya burung itu dapat dilihat dari jenis burungnya. Jika burung gereja adalah pertanda rejeki, burung hantu dan burung gagak justru adalah pertanda sial. Burung hantu dan burung gagak masuk ke dalam rumah adalah pertanda bahwa dalam waktu dekat akan ada anggota keluarga di rumah tersebut yang akan meninggal dunia.

4. Arti capung masuk rumah

Jika melihat seekor capung masuk ke dalam rumah, itu tandanya pemilik rumah akan diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Ditinjau dari sisi ilmiah, ramalan ini memang ada benarnya. Capung memang hanya bisa hidup di daerah yang belum tercemar lingkungannya. Oleh karena itu, keberadaannya di sekitar rumah bisa menjadi indikator kesehatan lingkungan tempat tinggal Anda.

5. Arti kodok masuk rumah

Kodok kadang kali ditemukan masuk di dalam ruangan dan bersembunyi di balik pintu atau dipojok ruangan. Keberadaanya di dalam rumah, tidaklah perlu terlalu dicemaskan. Menurut primbon, ia datang untuk memberi pertanda akan datangnya seorang tamu dari jauh dalam waktu dekat ini.

6. Arti tokek masuk rumah

Pertanda tokek masuk rumah termasuk pertanda yang kurang baik. Bila baru saja hewan ini masuk ke rumah Anda dan berbunyi berulangkali, itu tandanya akan ada kejadian yang tidak mengenakan keluarga dalam waktu dekat ini. Kejadian tersebut bisa berupa kecurian, sakit, musibah, dan kabar buruk lainnya.

Namun, menurut pemahaman ilmu China, pertanda tokek masuk rumah justru adalah alamat kebaikan rejeki. Tak heran bila mereka akan senang bila ada tokek yang menghuni rumahnya.

7. Arti kupu-kupu masuk rumah

Arti kupu kupu masuk rumah adalah pertanda akan ada tamu yang datang. Tapi, bila kedatangannya malam hari, itu bisa menjadi alamat adanya orang yang iri dan dengki terhadap kebahagiaan rumah tangga Anda.

8. Arti kumbang tanduk masuk rumah

Dan yang terakhir adalah kumbang tanduk. Menurut kepercayaan orang tua zaman dulu, hewan ini bisa menjadi media pengirim teluh atau santet. Bila memasuki rumah, segeralah keluarkan dia sembari berujar “kembalilah ke majikanmu!” agar bila ia benar media pengirim ilmu hitam, kiriman tersebut bisa kembali ke sipemiliknya.

Nah, mungkin itulah yang bisa saya sampaikan tentang arti masuknya hewan ke dalam rumah menurut ilmu kejawen primbon Jawa. Pemahaman ini saya dapatkan dari sumber khusus berupa kitab mujarobat peninggalan leluhur raja-raja Jawa di masa kesultanan Islam tempo silam. Semoga apa yang disampaikan ini bisa bermanfaat khusus bagi penulis, dan umum bagi pembaca sekalian. Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : 8 Arti Hewan Masuk Rumah menurut Primbon dan Fengshui China