Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Kamis, 15 Februari 2018

Arti Bunyi Cicak menurut Islam vs Kepercayaan Adat Jawa, Mana yang Benar?

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Arti Bunyi Cicak menurut Islam – Dalam Islam, suara hewan tertentu memang bisa menjadi suatu pertanda tentang kehidupan. Contohnya adalah suara ayam jantan berkokok tengah malam yang menandakan kehadiran malaikat, atau suara kuda yang meringkik pertanda kehadiran setan.

Pertanda-pertanda tersebut tentu bukan hanya sekedar mitos belaka. Ada hadist yang mendasarinya sehingga tidak perlu diragukan kebenarannya. Namun, selain kedua contoh di atas, ada pula beberapa mitos seputar arti bunyi hewan lainnya dalam kepercayaan masyarakat saat ini. Salah satunya adalah bunyi cicak.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa sebetulnya arti bunyi cicak menurut Islam, simaklah uraian yang telah kami buat berikut ini!

Arti Bunyi Cicak

Cicak memang merupakan salah satu hewan yang menyimpan banyak mitos dalam budaya kehidupan manusia. Dalam budaya masyarakat Jawa misalnya, apabila seseorang kejatuhan cicak di bagian tubuhnya, maka dipercaya ia akan ketiban sial dalam waktu dekat.

Agar sial tidak terjadi, orang yang kejatuhan cicak harus membunuh cicak yang menjatuhinya dengan segera.

Arti Bunyi Cicak menurut Islam

Dalam Islam sendiri, cicak memang dianggap sebagai hewan yang melambangkan pengkhianatan. Karena perlambang tersebut, membunuh cicak bahkan dianggap memiliki keutamaan dan nilai pahala. Anggapan ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan dalam kitab “al Mu’jam al Ausath” milik Thabrani sebagaimana berikut:

Aisyah berkata,”Aku mendengar bahwa Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa yang membunuh cecak, maka Allah akan menghapuskan tujuh kesalahan atasnya.”

Kisah pengkhianatan cicak memang terangkum dalam beberapa riwayat. Rasululloh pernah bersabda bahwa dahulu, hewan inilah yang membantu meniupkan api kepada Ibrahim AS ketika beliau dibakar hidup-hidup. Selain itu, cicak pula-lah yang hampir membuat Nabi Muhammad AS hampir ketahuan saat tengah bersembunyi dalam gua dari kejaran kaum Qurais di kala melakukan hijrah ke Madinah.

Bunyi Cicak pertanda Kehadiran Setan

Dalam budaya masyarakat Nusantara, ada anggapan bahwa bunyi cicak saat malam hari merupakan pertanda kehadiran setan dan jin. Meski seperti tidak berhubungan, namun anggapan ini kadang kali memang ada benarnya.

Cicak tidak seperti tokek yang selalu berbunyi dan mengeluarkan suaranya. Hanya pada saat tertentu saja, hewan melata ini bersuara. Dan dari pengalaman banyak orang, suara yang keluar dari mulut cicak itu, biasanya akan disertai dengan rasa khawatir dan ketakutan (was-was).

Lantas, apakah arti bunyi cicak menurut primbon tersebut sesuai dengan pandangan Islam?

Arti bunyi cicak menurut Islam memang tidak dijelaskan secara pasti. Hanya saja, dari hadist-hadist yang berkaitan dengan kefasikan cicak, mungkin saja apa yang disampaikan primbon merupakan suatu kebenaran. Bila rasa takut bersemayam di hati saat mendengar bunyi cicak, maka bacalah doa yang bisa membuat ketenangan hati. Doa ketenangan hati yang bisa Anda gunakan lafalnya telah kami tulis di blog ini.

Nah, mungkin itu saja penjelasan yang bisa saya sampaikan arti bunyi cicak menurut Islam dan primbon Jawa. Anda boleh mempercayai arti dan mitos yang disampaikan, hanya saja jika rasa takut menghadiri Anda saat mendengar suara cicak, tetaplah jadikan Alloh sebagai pelindung. Karena Alloh-lah sebaik-baiknya pelindung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Arti Bunyi Cicak menurut Islam vs Kepercayaan Adat Jawa, Mana yang Benar?