Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Selasa, 30 Januari 2018

Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam menurut Islam dan Primbon Jawa

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ayam Berkokok Tengah Malam menurut Islam - Lazimnya, seekor ayam hanya akan berkokok di saat fajar, pagi hari, atau saat siang. Akan tetapi, ada kalanya kita bisa mendengar kokok ayam terjadi saat tengah malam hari. Menurut mitos yang beredar selama ini, ayam berkokok tengah malam bisa dianggap sebagai pertanda buruk bagi suatu kampung.

Pertanda buruk yang dimaksud dalam mitos tersebut adalah adanya seorang gadis yang hamil sebelum menikah dan seorang janda yang hamil tanpa diketahui siapa suaminya. Benar atau tidaknya ramalan ini tentu masih menjadi misteri. Pasalnya, meski seperti tidak saling berhubungan, namun sudah banyak orang yang membuktikan kebenaran ramalan ini.

Lantas, seperti apakah pandangan syariat islam dalam memahami arti ayam berkokok tengah malam. Adakah dalil yang menyatakan bahwa ayam berkokok tengah malam merupakan pertanda terbongkarnya aib suatu kampung? Untuk tahu jawaban dari kedua pertanyaan tersebut, simaklah uraian singkat yang telah kami buat berikut ini!

Ayam Berkokok Tengah Malam menurut Islam

Mitos yang telah lama mendarah daging dalam budaya masyarakat kita tentunya akan sangat sulit diubah. Salah satunya adalah mitos tentang ayam berkokok tengah malam ini. Sudah banyak yang meyakini bila mitos ini adalah suatu kebenaran. Kendatipun sebetulnya ia merupakan sebuah kekeliruan besar menurut pandangan Islam.

Ayam Berkokok Tengah Malam menurut Islam Dalam Islam sendiri, ada sebuah hadist yang menyatakan bahwa ayam berkokok tengah malam adalah pertanda kebaikan. Bunyi terjemahan hadist tersebut adalah sebagai berikut:

Apabila kalian mendengar ayam jantan berkokok di malam hari, sesungguhnya dia sedang melihat malaikat. Karena itu, mintalah kepada Alloh karunia-Nya (HR Ahmad 8064).

Hadist tersebut sudah tidak perlu lagi dipertentangkan kebenarannya, karena ia sudah disahihkan oleh Syuaib al-Arnauth. Dan sebagai umat muslim, kita harus meyakini isinya, dan menentang semua kepercayaan yang berlawanan dengannya, termasuk mitos-mitos yang sudah berkembang selama ini.

Seperti disebutkan dalam hadist di atas, ayam berkokok tengah malam memang bukanlah pertanda yang perlu dikhawatirkan. Ia justru merupakan suatu pertanda baik yang harus disikapi dengan kebaikan pula.

Ayam jantan memang memiliki keistimewaan. Ia dapat mengetahui perubahan waktu sekalipun malam masih pekat dan tak bisa untuk melihat. Ia bisa berkokok dengan tepat, baik sebelum maupun sesudah waktu subuh. Sama sekali tak pernah meleset, baik ketika malam berlangsung cepat, maupu ketika berjalan lambat.

Kita dianjurkan untuk berdoa saat mendengar ayam jantan berkokok di tengah malam agar kehadiran mahluk baik (malaikat) di kampung kita dapat membuat doa kita mudah diijabah. Dengan melafalkan doa pada masa tersebut, kita berharap agar malaikat dapat mengaminkan permohonan dan pengharapan kita.

Selain itu, kita juga tidak diperkenankan mencela ayam jantan yang berkokok tengah malam atau saat subuh, sekalipun suaranya bising dan mengganggu tidur. Alasannya adalah karena sejatinya mahluk inilah yang selalu membangunkan kita agar segera menunaikan perintah Alloh setiap harinya. Mahluk inilah yang membangunkan kita lebih awal, bahkan sebelum suara adzan yang menggema dan berkumandang di kala fajar.

Nah, mungkin hanya itulah yang bisa kami sampaikan tentang mitos ayam berkokok tengah malam menurut Islam. Setelah mengetahui bahwa ramalan mitos yang selama ini beredar adalah sebuah kesalahan, maka tentunya Anda bisa menjadi lebih tenang. Bahkan, akan lebih baik bila Anda bangun dari tidur untuk melaksanakan sholat sunnah malam saat mendengar ketidaklaziman tersebut. Semoga mencerahkan!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Terkait : Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam menurut Islam dan Primbon Jawa