Arti Kedutan Mata Kiri Atas, Kanan Bawah, Kiri Bawah, Kanan Atas menurut Islam dan Primbon, Arti Bersin, Arti Telinga Berdenging, Arti Tahi Lalat, Primbon Haid, dan Mitos Jawa

Rabu, 31 Januari 2018

9 Arti Kejatuhan Cicak menurut Islam, Mitos Primbon Jawa, dan Ilmu Sains

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Arti Kejatuhan Cicak - Barang siapa mengalami tubuhnya kejatuhan cicak, maka dalam waktu dekat ia akan ketiban sial. Begitulah pepatah orang tua zaman dulu berujar. Meski zaman sudah berganti, namun pepatah itu hingga sekarang masih banyak dipercaya dan diyakini sebagian orang. Tak pelak, bagi orang yang memang baru saja mengalami kejatuhan cicak di tubuhnya, pepatah ini tentulah akan membuat hadirnya rasa ketakutan dan kekhawatiran dalam dirinya.

Namun, benarkah isi ramalan ini? Adakah bukti yang menunjukan bahwa kejatuhan cicak memang merupakan pertanda kesialan? Bagaimana ilmu sains memandang fenomena ini? Dan apakah arti kejatuhan cicak menurut Islam ditinjau dari hadist dan riwayat yang ada?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, simaklah uraian singkat yang telah kami buat berikut ini!

Arti Kejatuhan Cicak

Cicak adalah mahluk yang sangat unik. Hewan yang termasuk dalam kelas reptilia ini memiliki kemampuan untuk berjalan di permukaan dinding yang tegak lurus atau bahkan di permukaan plafon secara terbalik tanpa mengalami kesulitan.

Arti Kejatuhan Cicak Menurut sains, kemampuan cicak tersebut diperoleh karena ia memiliki organ bernama spatulae di permukaan telapak tangan, kaki, dan seluruh bagian bawah tubuhnya. Spatulae adalah bulu-bulu halus berukuran 200 nanometer yang dapat masuk menembus pori-pori dinding dan menciptakan ikatan kuat di dalamnya. Ikatan spatulae terhadap pori dinding inilah yang membuat cicak dapat berjalan dimana pun sesuai keinginannya.

Kendati spatulae memiliki cara kerja yang sangat canggih, namun adakalanya kita bisa menemukan seekor cicak yang jatuh dari tempatnya berjalan. Menurut ilmu sains, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar.

Cicak bisa saja jatuh dari tempatnya berjalan saat tubuhnya menemukan permukaan yang sangat halus dan tidak bisa ditembus spatulae secara sempurna. Pada permukaan yang sangat halus itu, spatulae cicak tidak bisa menciptakan ikatan yang kuat untuk menahan beban tubuhnya dari tarikan gaya gravitasi.

Arti Kejatuhan Cicak menurut Primbon Jawa

Terlepas dari yang disampaikan ilmu sains dalam memandang fenomena cicak jatuh, leluhur kita di masa silam ternyata memiliki pandangan tersendiri untuk menafsirkan hal ini.

Seperti termaktub dalam kitab primbon Jawa, arti kejatuhan cicak bisa ditafsirkan menjadi beberapa alamat baik dan buruk tergantung bagian tubuh mana yang kejatuhan cicak. Artinya, bila banyak orang beranggapan bahwa kejatuhan cicak adalah pertanda kesialan, maka hal itu tentu belum sepenuhnya benar.

1. Kejatuhan cicak di kepala

Yang pertama adalah bila seseorang kejatuhan cicak di kepalanya, maka primbon menjelaskan bahwa ini memang pertanda sial. Pertanda sial yang dimaksud adalah akan adanya seseorang dari keluarga yang sakit parah atau meninggal dunia dalam waktu dekat ini.

2. Kejatuhan cicak di pundak

Sementara bila bagian tubuh yang kejatuhan cicak adalah bagian pundak, maka menurut primbon ini adalah pertanda bahwa orang yang mengalaminya akan mendapatkan masalah atau beban berat dalam kehidupannya.

3. Kejatuhan cicak di tangan

Arti kejatuhan cicak di tangan kanan adalah pertanda akan mendapatkan rezeki, sementara arti kejatuhan cicak di tangan kiri adalah pertanda akan mengeluarkan uang untuk keperluan besar. Saya pernah mengalami kejatuhan cicak di kedua tangan, dan kedua ramalan tersebut memang benar-benar terjadi.

4. Kejatuhan cicak di dada dan perut

Kejatuhan cicak di dada dan perut adalah pertanda bahwa orang yang mengalaminya akan sakit keras dalam waktu dekat. Akan tetapi, dari yang saya alami, ramalan ini tidak sepenuhnya benar. Saya hanya demam biasa setelah 2 hari sebelumnya kejatuhan cicak di bagian dada saat menonton tv. Wallohualam.

6. Kejatuhan cicak di punggung

Ini tentu jarang terjadi kecuali bila seseorang sedang tengkurap atau saat sujud. Menurut primbon, kejatuhan cicak di punggung bukanlah pertanda buruk. Ia justru sebuah pertanda baik di mana Anda akan kejatuhan rezeki besar dalam beberapa hari ke depan. Menurut primbon, rezeki itu datang dari dagangan yang laris.

7. Kejatuhan cicak di kaki

Arti kejatuhan cicak di kaki menurut primbon adalah pertanda bahwa orang yang mengalaminya akan melakukan perjalanan jauh yang sulit dan penuh perjuangan menyedihkan. Bila dalam waktu dekat Anda memiliki rencana bepergian, Anda disarankan untuk mengurungkannya.

8. Kejatuhan cicak di dekat tubuh

Kejatuhan cicak di dekat tubuh merupakan pertanda baik. Anda yang mengalaminya diyakini akan terlepas atau lolos dari sebuah musibah dan kesialan. Entahlah, Anda bisa membuktikan benar tidaknya ramalan ini di kemudian hari.

9. Kejatuhan kotoran cicak

Kejatuhan kotoran cicak adalah pertanda rezeki. Saya belum pernah membuktikan ramalan ini, tapi beberapa teman yang pernah mengalaminya mengaku bahwa ramalan ini bukan isapan jempol belaka.

Kejatuhan Cicak Menurut Islam

Anda tentu boleh mengabaikan ramalan-ramalan arti kejatuhan cicak yang disampaikan primbon, tapi boleh juga mempercayainya. Hanya saja, dalam pemahaman islam, kejatuhan cicak sebetulnya tidak memiliki pertanda apapun. Jika mempercayai ramalan-ramalan sial atau keberuntungan karena sesuatu hal, menurut Islam justru itu merupakan suatu bentuk thiyyarah.

Thiyyarah adalah merasa akan memperoleh untung atau sial karena mendengar, merasakan, atau mengalami suatu hal. Dalam riwayat hadist Thirmidzi, thiyyarah adalah bentuk kecil dari syirik. Oleh karena itu, sebaiknya janganlah melakukan thiyyarah bila tak ingin berdosa dan mendapat murka-Nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 9 Arti Kejatuhan Cicak menurut Islam, Mitos Primbon Jawa, dan Ilmu Sains